Senin, 09 September 2013

PROGRAM REHABILITASI MANGROVE KAWASAN PESISIR


Program Rehabilitasi Mangrove Kawasan Pesisir yang dilakukan oleh komunitas peduli lingkungan Sekretariat Bersama Pecinta Alam (SEKBERPA) Kab.Batang semula berjudul Program Rehabilitasi Pesisir Kabupaten Batang. Memang program ini terlahir karena  kondisi pesisir Kabupaten Batang amat sangat memprihatinkan,.khususnya Kawasan Obyek Wisata Sigandu dan sekitarnya. Pertama kali dilaksanakan pada 13 Mei 2011 bekerjasama dengan beberapa komunitas di Kabupaten Batang dengan kegiatan utama menanam mangrove serta trembesi di kawasan Sigandu,yang belakangan trembesi yang kami tanam habis dibuldozer dengan alasan sebagai tempat parkir..sayang ya.Ya begitulah adanya.

PT DIPO STAR FINANCE yang merupakan salah satu anak perusahaan MITSUBISHI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka ulang tahun ke 30 menggelar acara DIPO STAR FINANCE PEDULI dengan menggelar kegiatan penanaman mangrove.

Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah Jawa Tengah maka dipilihlah beberapa organisasi serta komunitas yang akan menjadi mitra dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,dengan syarat organisasi mitra aktif melakukan kegiatan penghijauan khususnya kawasan pesisir dan yang penting bukan organisasi bentukan pemerintah atau parpol serta memiliki akta pendirian yang sah. Dari sekian banyak kandidat organisasi yang masuk kreteria salah satunya adalah SEKBERPA Kab.Batang. Organisasi ini dianggap solid dan aktif dalam kegiatan konservasi wilayah pesisir. Terbukti dengan berbagai aktifitas penanaman mangrove diberbagai wilayah Kab.Batang.

Kerusakan kawasan pesisir Kabupaten Batang berupa foto-foto dokumentasi dari hasil survey team SEKBERPA yang pernah dipublikasikan di dunia maya . Setelah proses panjang yang memakan waktu berhari-hari serta ratusan kilometer jarak tempuh presentasi bolak-balik pada akhirnya program rehabilitasi mangrove kawasan pesisir dipindahkan ke daerah Kabupaten Kendal. Dengan berbagai pertimbangan dan diskusi yang lama, salah satunya adalah dengan ingin ikut sertanya jajaran Direksi PT DIPO STAR FINANCE dalam kegiatan ini serta jarak tempuh dari pusat kota Semarang.

Pada akhirnya disepakati kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2013, PT DIPO STAR FINANCE memberikan bantuan berupa 6000 bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata dan Bluguiera mucronata serta tambahan 1000 bibit dari SEKBERPA Kab.Batang. Lokasi penanaman terletak di dukuh Persilan Desa Turunrejo Kec.Brangsong Kabupaten Kendal 37 km dari kota Semarang.

Kegiatan Program Rehabilitasi Mangrove Kawasan Pesisir SEKBERPA Kab.Batang hasil kerjasama PT DIPO STAR FINANCE didukung oleh berbagai komunitas dari penjuru Jawa Tengah yaitu :
1.      Kendal Mangrove Center
2.      Group Facebook Weleri Neni
3.      PAUD dan TK SAVANA Kendal
4.      HISPALA SMK PGRI Kab.Batang
5.      MAKOMPALA STIMIK WIDYA PRATAMA Pekalongan
6.      Group facebook Batang Berkembang Kab.Batang
7.      BPK OI Kendal
8.      BUNGA PALA Kendal
9.      forum Kabupaten Kendal
10.  KAMAPALA IKIP Semarang
11.  ARGA DAHANA UMK KUDUS
12.  WANADWIPA SMK DIPONEGORO Batang
13.  Freeland Bumiayu,Pekalongan,Batang,Solo beberapa daerah lain.




Dengan total peserta mencapai lebih dari 125 orang.
Harapan kami semua dengan semakin banyaknya kegiatan penanaman mangrove serta banyaknya elemen masyarakat yang terlibat dan dukungan dari berbagai perusahaan dengan program CSR  akan semakin menarik perhatian serta kecintaan terhadap mangrove sebagai bukti nyata penyelamatan kawasan Mangrove Pesisir Jawa Tengah. SAVE  MANGROVE SAVE THE EARTH..

BRAVO MANGROVER INDONESIA !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar